Senin, 01 April 2013

Psikotest di Nutrifood

hai teman-teman seperjuangan...
yang akan bekerja, yang sudah bekerja...tetep semangat yaaa...

aku mau sedikit berbagi dengan kalian yang mungkin masih mencari-cari pekerjaan ataupun yang sudah bekerja tapi masih mencari jenjang karir yang pas...hehee...
kemaren tepatnya hari kamis tanggal 28 maret 2013, aku dipanggil tes nutrifood...
karena belum pernah sama sekali ikut tesnya, aku bertanya kepada teman-teman yang sebelumnya pernah dipanggil tes kesana langsung. bagaimana proses seleksinya?apakah langsung wawancara, apakah ada psikotest? mereka menjawab ada psikotestnya, psikotestnya katanya biasa aja ada gambar-gambar gitu, aku sudah membayangkan dari situ mungkin sama seperti test psikotest perusahaan yang sebelumnya aku pernah ikuti.

pada hari tes... aku datang tepat pada waktunya. alhamdulillah...
lapor satpam, dan disuruh menunggu di ruang tunggu tamu... enak sih tempatnya adem, ada toiletnya juga. cukup lama menunggu, aku sedikit memperhatikan orang-orang yang baru datang bekerja di nutrifood, pakaiannya santai melihat ada juga ternyata yang memakai jeans. dan berfikir, wah asyik juga perusahaan ini.

aku dan peserta lain akhirnya disuruh masuk ke ruangan, sebelum memasuki ruangan psikotest, kami melewati beberapa ruangan perkantorannya, memang apa yang saya bayangkan sebelumnya, dan pernah lihat di official webnya langsung, kantor nutrifood bergaya ala cafe gitu, ada ruangan tivi, tapi ga ada tempat duduk alias lesehan trs ada bantal-bantalnya gitu, nyaman banget deh kalo misalkan diskusi di tempat seperti itu. ya mudah-mudahan setelah tes ini saya bisa diterima sebaik mungkin di nutrifood ini. amin


waktu tes, ada satu orang yang memperkenalkan diri sebagai orang yang bekerja dibagian perekrutan di nutrifood namanya mba stefany, dan ada salah satu temannya juga tapi belum datang, namanya mba lydia. tidak langsung ke psikotestnya, mba stefany sedikit menjelaskan tentang nutrifood, bertanya kepada peserta test, apa yang kalian tau tentang nutrifood? ada yang menjawab, perusahaan yang bergerak di bidang makanan kesahatan. ya benar, lalu bertanya tentang produknya dan sebagainya. mba stefany juga menjelaskan bahwa kita tidak membutuhkan orang yang ganteng atau cantik, tapi orang nutrifood wajib kece dan wangi...hehe... sedikit menghibur...kece badai, syahrini kali...hehee...

psikotest pun dimulai...
kami mendapat lembar jawaban dan soal, soal yang pertama adalah soal essay yang wajib diisi semuanya. soalnya tentang penelitian, kelemahan, kelebihan, ngurutin antara uang, pekerjaan, keluarga, sahabat dll. selagi mengisi itu kita diberikan soal lagi yaitu analog verbal test yang isinya soal-soal sinonim, antonim, analog suatu kata dan ada juga perhitungan, ada 50 soal dan waktunya sedikit sekali. kalau yang sudah biasa mungkin akan cepat mengerjakannya. soal essay ditunda dahulu dan boleh dikerjakan ketika sudah mengerjakan psikotest.
tes yang kedua kami diberikan soal tes logika penalaan, tes ini berisi gambar-gambar yang berhubungan, dan disuruh cari gambar yang sesuai untuk mengisi kotak yang masih kosong. ini terdiri atas 2 soal dan cukup banyak.
tes yang ketiga adalah wartegg tes, yaitu berisi 8 kotak yang berisi garis, coretan, atau titik yang harus diteruskan gambarnya. setelah itu masih tes menggambar, yaitu tes menggambar manusia (draw a man test) kemudian tes menggambar pohon.
terakhir adalah tes yang isinya adalah jawaban dipilih yang mendekati dengan kepribadian anda, kalau menurut ilmu psikology namanya Edwards Personal Preference Schedule (EPPS).

psikotestpun selesai, mba stefany mengumpulkan lembar jawaban dan sedikit memeriksa, kita disuruh menunggu sebentar, setelah itu mba stefanny menjelaskan akan dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok yang langsung wawancara hari ini juga dan kelompok yang diperbolehkan pulang dan akan dikabarin 2 minggu dari hari ini, nanti dihubungi via telepon, kalau tidak ada telepon cek email, kalau tidak ada telepon atau email dalam 2 minggu bisa telepon ke no nutrifood dan dihubungkan dengan stefany atau lydia. karena nutrifood ga akan nge-php in kalian, dia bilangnya.

Nah itulah psikotest yang aku jalanin waktu test nutrifood, karena aku termasuk kelompok yang diperbolehkan pulang jadi aku belum tau tentang wawancaranya. next time nanti aku share lagi...hehee...
makasih... mohon komentar nya kalau ada pengalaman yang sama atau yang masih bingung buat psikotest...hehee :)



2 komentar:

  1. Hi Jesika,

    Nice story. BTW gimana kelanjutan kabar tesnya? Apakah hasilnya bagus?

    BalasHapus
  2. Terima kasih . Info ini sanagt bermanfaat bagi saya

    BalasHapus

 

Beautiful Days Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos